[share] 5 Cara Sehat dari 8 Cara Sehat Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Bismillah…

Seperti biasa, buka twitter.. dan langsung ‘tagline’ dari detikkom tentang 8 kebiasaan sehat dalam hidup yang simple… dan gw baca, ternyata 5 point gw lakukan.. haha, dan emang setelah melakukan 5 hal itu gw merasa, Alhamdulillah. Sehat, Walafiat, ini link beritanya:

http://health.detik.com/read/2012/05/06/082129/1910155/766/8-kebiasaan-sehat-yang-murah-meriah

Oke, langsung aja 5 hal apa aja yang gw lakukan belakangan ini, dan lumayan juga gw merasa sehat sih dan setidaknya udah menjadi kebiasaan gw (mudah-mudahan), dan point pertama yang membuat gw merasa sehat:

1. Sering Bebersih

” Anda pasti akan merasa jauh lebih ringan jika melihat meja kerja dan lemari Anda rapi serta seluruh isi rumah terorganisir dengan baik “.

–> Yahahaha,, itu udah gw lakuin.. setiap ada waktu (antara jumat/ sabtu) gw selalu bersihin kamar + meja belajar (kantor sekalian) buat bersih bersih dan bener saja, pikiran gw plong ketika melihat keadaan kamar + meja gw bersih dari tumpukan debu dan kertas tugas-tugas yang bercerai berai.😀

2. Bernafas dengan ‘Perut’

” Pastikan perut Anda mengembang ketika bernafas karena ini akan membantu Anda mengirimkan oksigen 8 kali lebih banyak ke otak Anda. Hal ini akan merangsang gelombang otak yang lebih lambat dan lebih panjang yang dikaitkan dengan relaksasi dan pikiran tenang “.

–> Yahahaha,, lagi lagi ini juga gw udah lakukan tapi gak secara langsung, gw lakukan ini ketika sedang ‘engap’ kalo dah di meja belajar jadi gw tarik dada keatas, ambil nafas dari perut, selesai. dan satu lagi, gw juga ikut latihan beladiri ‘karate’ jadi sering banget di tempat latihan gw harus melatih otot pernapasan perut, biar gak terlalu capai dan ‘engap’/ ngos-ngosan getu kalo dah latihan.

–> dan Ini trik yang diberikan oleh detikom: “Berbaringlah dan letakkan satu lengan di atas perut Anda tepat di bawah pusar. Saat Anda menarik napas, bayangkan udara masuk ke dalam perut Anda dan biarkan udara tersebut memompa udara di perut Anda sehingga Anda merasa tangan Anda terangkat ke atas. Lalu biarkan udara terhembus keluar sampai benar-benar kosong, kemudian tarik napas lagi untuk membuat tangan Anda dan perut terangkat “.

3. Telephone Teman Anda

” Berbincanglah dengan teman baik Anda yang berada di luar kota. Biasanya di saat itu hormon oksitosin akan dilepaskan oleh para wanita sehingga bisa menenangkan tubuh Anda dan melawan efek stres “.

–> Yahaha, dah gw lakuin juga… tapi kok ini buat ‘para wanita’.  tapi gpp, tp emang bener, gw juga kalo ada pulsa kadang gw random siapa yang akan gw telpon malam ini (dampak jomblo sejati) jadi, gak masalah mau telpon siapa… eits, yang lawan jenis. gw masih normal. dan kadang, malah ada yang mpe curhat niatnya cuman nanya kabar eh, kebablasan- pulsa gw juga kebablasan, tp gak pa-pa gw juga senang kok.  hal ini gw lakuin 2 minggu sekali, ya biar gak bosen dan gak bermaksud gw nya juga toh cuman basa basi, dan basa basi ini yang ‘sehat’ menurut detikkom.

6. Gunakan Pedometer Sepanjang Hari

” Alat ini bisa membantu Anda meningkatkan jumlah langkah kaki Anda dari pagi hingga malam. Sekalian buatlah target 10.000 langkah perhari “.

–> Yahaha, ini gw lakuin juga, tapi gak beli alatnya loh… maksimal gw 2x dalam seminggu ‘jalan’ ke kampus gw tanpa motor. haha, lumayan pegel juga, kalo dikira2 3KM gw jalan, tapi udahannya enak, seger apalagi kalo udah sampe rumah (numpang di saudara) langsung mandi… segerrrrrr!. Oya, ini gw lakuin pas pulang ngampus, lah… gila kali, pagi pagi udah keringetan dikampus ditambah pula bau keringat. haha…

5. Berlibur Dengan Imajinasi Anda

” Peneliti pun telah menemukan bahwa membayangkan sesuatu yang bisa membuat rileks bisa memberikan efek yang sama jika Anda mengalaminya secara langsung”.

–> Ini kenapa gw taro di terakhir, karena gw jarang berimajinasi berlibur… heheh, imajinasi gw jorok-jorok  jadi, kalo imajinasi gw biasanya kalo gw punya “Motor Satria F150” bakal banyak cewe yang nempel… haha, namanya juga imajinasi atau mimpi tak apalah, toh gw pernah share, kalo gw harus cari wanita yang bisa mengingatkan gw akan akhirat kelak. Aaamiin.

–> Ini dia, trik yang diberikan detikkom: ” Tutup mata Anda dan gambarkan lokasi ideal Anda untuk melepas stres secara detail. Kapanpun Anda merasa stres, cobalah luangkan waktu Anda selama 30 detik untuk mengingat kembali tempat itu “.

Okelah, getu aja gw share semoga bisa mengikuti jejak gw dan saran yang diberikan oleh detikkom, dan semoga ampuh juga buat temen temen blogger.

Have Nice Day!

Credit: Rahma Lillahi Sativa 

Leave a comment

Leave a Reply

