[share] Modif Dikit Souce Library Hak Akses

Bismillah…

Banyak user-authentication di CI tapi gw tertarik sama punya si alamat blog ini:

http://gie-art.com/2012/03/website-sekolah-codeigniter-v-membuat-library-pengecekan-hak-akses-user/

Entah kenapa, di library “General.php” nya itu yang mudah di fahami, silahkan baca deh ada beberapa yang gw rubah misalkan dan itu gw pake di aplikasi gw selanjutnya, thx brother!,, misalkan di file controller users.php nya source sekolahku:

<p style="text-align: justify;">$this-&gt;session-&gt;set_userdata($session_data);
if ($this-&gt;session-&gt;userdata('type') == 'admin') {
redirect('admin/pages/index');
} else {
redirect('users/dashboard');
}
} else {
$this-&gt;session-&gt;set_flashdata('message', 'Login Gagal, Kombinasi username dan password salah.');
redirect('users/login');

Kita liat di logikanya begini -> Jika session dengan type admin (terkait user/pass yang di input di form) maka arahkan ke halaman admin/pages/index (ke folder admin dengan class pages dan function default/index) selain itu arahkan de dashboard, dan di dashboard telah terdefinisi siapa saja yang login, silahkan buka yah, kurang lebih seperti ini isi dashboard yang ada di folder views:

&lt;h2&gt;Dashboard User&lt;/h2&gt;&lt;br/&gt;
Anda adalah :
&lt;?php
if ($this-&gt;session-&gt;userdata('type') == 'admin'):
    echo 'Admin';
elseif ($this-&gt;session-&gt;userdata('type') == 'teachers'):
    echo 'Teachers';
elseif ($this-&gt;session-&gt;userdata('type') == 'students'):
    echo 'Students';
elseif ($this-&gt;session-&gt;userdata('type') == 'alumni'):
    echo 'Alumni';
endif;
?&gt;
&lt;br/&gt;
&lt;h3&gt;&lt;strong&gt;&lt;?php echo anchor('users/logout', 'Logout') ?&gt;&lt;/strong&gt;&lt;/h3&gt;

dan hal yang gw ubah sebeneranya bukan di librarynya tapi logika IF-ELSE standart aja, tapi AMPUH, karena ketika login ke user laen gak bisa dan it’s work. Nice Brother.. ini dia baris yang gw tambahin.

if ($this-&gt;session-&gt;userdata('type') == 'admin') 
                 {
                     // arahkan ke function pages
                     redirect ('admin/index_admin/index');

                 }elseif ($this-&gt;session-&gt;userdata('type') == 'alumni')
                 {
                     redirect('alumni/index_alumni/index');

                 }elseif ($this-&gt;session-&gt;userdata('type') == 'students')
                 {
                     redirect('student/index_students/index');
                 }
             }else{
                 // arahkan jika username/password salah
                 $this-&gt;session-&gt;set_flashdata('message', 'Login Gagal, Kombinasi username dan password salah!');
                 redirect ('users/login');

Jadi di source yang gw ubah itu kita arahkan ke masing-masing controller, jadi gw lebih faham atau ribet terserah deh, tp itu yang sekarang gw lagi butuhin, oya untuk tingatan nya bisa kita ubah sesuka hati, tergantung settingan di database dan library General.php nya si pengembang yaitu sugik.
Haaha, baru segitu yang bisa gw ubah, maklum nubie lah, gw juga belajar by case-per-case, gw baca sourcenya, gw cari di manual kalo gak faham – kelar deh. jadi itu yang bisa gw share *dikit gak banyak.

Have Nice Day!

Leave a comment

3 Comments

  1. great tutorial dan lanjutkan ampe jago

    Reply
  1. [share] Sistem Login Codeigniter (3 Users) Dengan konsep HMVC « menulis dibalik topi dan kopi

Leave a Reply

