[cerita] Error Date Mysql pada PHP Yang Bikin Pusing

bismillah…

Yah, pagi” lagi lagi dipusingkan dengan code-code cinta programming setelah beberapa hari tepatnya hampir 5hari gw cari tau kenapa gw sering mendapatkan nilai/ value di Mysql database seperti ini, untuk field tanggal_lahir dengan type date, tulisan ini gw tulis semata-mata buat ingetin gw yang pelupa habis + males.

01-01-1970

atau

0000-00-00

Kan BT banget, hal ini terjadi gara-gara input data pada jquery *gw pake jquery plugin date, itu 12-12-2000 harusnya ketika di passing (input) itu 2000-12-12 format sql Y-m-d, eh gak taunya hanya tinggal tambahin code kayak gini, cari sana sini via google sampe gw baca script orang *kebiasaan gw tukang COPAS script orang. ini buat yang pake codeigniter yah, kasus akan sama kok dengan php murni, hanya saja liat nilai variablenya. okeh

$tanggal_lahir = date('Y-m-d',strtotime($CI->input->post('tanggal_lahir', TRUE)));

simple, kan cuman tambahain fungsi date mysql pas mau passing nilai. hadeeeh…

Have Nice Day!

More:
http://php.net/manual/en/function.date.php
http://dev.mysql.com/doc/refman/5.5/en/date-and-time-functions.html

Leave a comment

2 Comments

  1. emang bs y, kan kita inputnya d-m-Y, bs gt y dia bikin langsung membalik gt jd Y-m-d, padahal kan string to time itu kita harus bikin format dulu baru di pos dan time buat waktu.. bukan str-to-date.. yang buat tanggal..

    Reply
    • hems… bingung jawabnya … –___–
      kan waktu itu inputan 12-12-2012, nah itu kan post dari form sedangkan mysql sendiri gak bisa terima passing nilai seperti itu, harusnya 2012-12-12 nah, sedangkan type dari field gw DATE bukan varchar , oya, format yang gw pake strtotime/strtodate deh, lupa gw.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: