[Cerita] Godaaan Mahasiswa Tingkat Akhir

IMG_20140515_210800Bismillah

Mungkin bagi anda sekilas membaca judul ini terasa tidak asing lagi, penulis akan sedikit berbagi cerita tentang pengalaman yang pernah di alami. bagi anda yang sedang menjalani posisi sebagai mahasiswa tingkat akhir, pasti anda akan sering berfikir bagaimana MENGISI waktu luang yang bisa dilakukan sembari mengerjakan SKRIPSI. Waktu yang lenggang inilah yang terfikir kan oleh anda sebagai mahasiswa tingkat akhir selain bisa mencari pengalaman di dunia pekerjaan juga bisa mendapat sallary tambahan sembari mengerjakan tugas akhir anda, dimulai dari sinilah AKAR PERMASALAHAN ANDA !!!
Dimulai dari lintasan liar untuk MENGISI WAKTU LUANG ini lah yang menjadi BATU SANDUNGAN Mahasiswa tingkat akhir menyelesaikan waktu masa study nya.
sedikit tips and trick buat mahasiswa tingkat akhir :

1. Diupayakan mengerjakan laporan PKL secepatnya, pengalaman dari teman yang lain, PKL sudah bisa dikerjakan mulai dari semester 5.
2. Semester 7 di WAJIB kan mahasiswa tingkat akhir sudah tidak ada mata kuliah yang harus di ulang dan sudah menjalani SKS sesuai jumlah SKS yang telah ditetapkan oleh institusi pendidikan di kampus anda.
3. Carilah judul skripsi yang benar benar anda kuasai, jangan memaksakan judul yang anda fikir itu bagus namun anda tidak kuasai..untuk mahasiswa yang idealis mereka berfikiran membuat skripsi masterpiece dengan judul yang belum pernah diriset oleh mahasiswa lain dan berakibat lamanya menyelesaikan tugas akhirnya.
4. Tips dari Abah Abimanyu Wachjoewidajat dalam seminar yang saya ikuti, untuk mahasiswa tingkat akhir JANGAN lah membuat SKRIPSI MENTAH, yaitu skripsi yang dibuat dari awal tanpa mengetahui apa yang akan dibuat, tapi kembangkan lah SKRIPSI orang lain dengan cara mengembangkan nya menjadi lebih baik. dengan begitu anda bisa mempersingkat masa study anda dan anda bisa menyempurnakan penelitian peneliti sebelumnya.
5. Perbanyak referensi bahan anda, jangan berperang menghadapi SKRIPSI tanpa mempunyai amunisi yang banyak. AMUNISI seperti apa itu ?? Jurnal nasional dan Internasional, Buku Edisi Terbaru, dan bahan referensi lainnya bisa membantu Anda. untuk point ini alangkah lebih baiknya mencari bahan tugas akhir lebih AWAL agar pas kita mengerjakan TUGAS AKHIR tidak  mencari bahan lagi.
6. Janganlah mengerjakan SKRIPSI seorang DIRI, ANDA merupakan MAKHLUK SOSIAL yang membutuhkan bantuan orang lain, kerjakan skripsi anda dengan orang terdekat anda. Trust it, saya terbantu sekali dengan cara ini.
7.Waktu bimbingan Tugas akhir dengan dosen anda, pasti anda mempunyai teman seperjuangan yang melakukan bimbingan dengan dosen yang sama, anda harus dekati teman anda tersebut karena masukan tiap bimbingan pasti berbeda tiap mahasiswanya. dan anda merangkumnya menjadi 1 buah masukan yang telah terkumpul menjadi 1 rangkuman besar. percaya anda akan menyelesaikan study anda dengan cepat.
8. Berdoa

itulah sebagian tips and trick yang sudah saya jalani, dan ingat lah HARGAI PROSES anda dalam mengerjakan TUGAS AKHIR. Proses yang INSTAN akan menghasilkan HASIL yang INSTAN pula.
PLAGIAT menghasilkan BANGSA YANG BODOH, hargailah proses anda, maka proses akan menghargai ANDA !!! GOOD LUCK

Leave a comment

12 Comments

  1. nice share :p

    Reply
    • chendy

       /  18/05/2014

      terima kasih bang..jangan lupa mampir lagi ke blog kami

      Reply
  2. Mantap! Salam UINers

    Reply
  3. htc

     /  19/05/2014

    oh getuh ya gan… tapi kan tergantung dosen juga gan… gw ajah hampir 1 tahun gan… haaaaa, lebih tepatnya 9 bulan teng… dapet jadwal sidang!!

    Reply
    • chendy

       /  19/05/2014

      iya bener gan, semua memang tergantung dengan dosen masing masing.
      namun pengalaman saya, saya mendapatkan dosen yang benar benar perfeksionis, dia butuh hasil yang sempurna dan alhamdulillah saya bisa selesai juga bimbingan dengan beliau dan mendapat hasi memuaskan dengan hasil “A” disidang.
      apakah saya mahasiswa pintar? tidak, saya mahasiswa biasa saja namun saya rajin, saya ingin melihat orang tua saya tersenyum disaat wisuda nanti.
      tetapi yang menjadi pertanyaan saya ke agan..
      apakah agan rutin melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing tanpa putus?

      apabila agan benar fokus mengerjakan tugas akhir tanpa putus, inshaallah dosen agan sendiri juga akan luluh.
      bahkan teman saya yang maaf “kurang pandai” namun rajin bimbingan, dosen saya yg perfeksionis pun luluh dan mempermudah jalannya menuju sidang dan wisuda.
      ini sih pengalaman saya dan teman teman saya, mungkin agan punya pandangan sendiri. klo ada kita bisa sharing di sini.
      terima kasih gan sudah mau berkunjung ke blog kami..jangan lupa mampir kembali

      Reply
      • htc

         /  19/05/2014

        Emang tuh… kita yang mesti ngejar dosen!! bahkan kalo bisa kita harus jadi pusat perhatian dosen pembimbing kita sendiri, terserah caranya sih… kalo gw dari prosesnya gw tulis di blog! haaa…. banyak cara menuju roma.. #eh

      • chendy

         /  19/05/2014

        mantaps sekali bung desta ini..dah jadi sarjana dan sukses skrg..makasih dah mampir blog kamu

      • htc

         /  19/05/2014

        gw bukan mantaps, gw keren coyyy…. aamiin, insyaAllah. sarjana cuman titel (t*t*t nge-gantel) doank lay… tanggung jawab nya itu loh, yang beratttttt.

      • chendy

         /  20/05/2014

        menginspirasi bgt quote saudara desta ini, tapi saya akan menambahkan kata kata mutiara yang saya dapatkan dalam sebuah buku, semoga menginspirasi.

        “sesorang yang mempunyai tujuan jelas, akan membuat perubahan walau dia berjalan di jalan yang sulit, namun seseorang yang tidak mempunyai tujuan jelas tidak akan membuat perubahan walau dia berjalan dijalan yang mulus” .
        terima kasih sudah mampir ke blog kami

  4. tengkyu gan…

    Reply

Leave a Reply

