[Share] Dashboard System, Kenali…Cintai…Dan Kembangkan !!!

Bismillah

dsni saya ingin mencoba sharing lagi..

apakah anda pernah mendengar istilah dashboard, pasti dibenak anda seperti dashboard mobil atau motor yang sering anda kendarai setiap harinya..yups anda benar!!!

filosofi dashboard

Saat mengendarai mobil atau menerbangkan pesawat terbang, informasi vital mengenai kecepatan, tekanan oli, temperatur dan lainnya tersedia pada dashboard yang ada di depan . Indikator bahan bakar, lampu warna merah, kuning, hijau dan indikator kecepatan diposisikan secara strategis sehingga dengan melihat sepintas, tanpa kehilangan fokus terhadap arah perjalanan, dapat mengetahui bahwa semuanya baik-baik saja (atau tidak) dan dapat membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi tersebut (Rasmussen. 2010).

dikampus tercinta saya UIN Syarif Hidayatullah, sudah mulai banyak yang meneliti tentang dashboard, berikut perkembangan dashboard dari tahun ke tahun nya.

Tahun 2007 Fitri yanti (SIBIS 2007) Dashboard Strategic

ANALISIS DAN PERANCANGAN DASHBOARD SYSTEM
UNTUK MENYAJIKAN KPI (KEY PERFORMANCE INDICATOR)
PADA BAGIAN COLLECTION BMT AL-FATH IKMI

dimana dalam penelitian tersebut menyajikan dashboard strategic yang biasa ditampilkan untuk top management berupa tampilan dashboard yang menampilan beberapa modul case yang didalam nya terdapat key performance indicator berdasarkan segmen nya.

Berikut tampilan aplikasi nya.

3

2

1

kemudian, penelitian di lanjutkan oleh saya sendiri Muhammad Chendy Setiadi 2008 (SIK). Dashboard Tactical

“Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Data Finance Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: PT Jakarta Maju Pusaka).

Dimana dalam penelitian ini ditunjukan untuk pengguna middle management,  Terkadang dashboard ini juga untuk memonitor perkembangan proyek-proyek penting. Baik perkembangan inisiatif strategis maupun proyek selalu diukur tujuan yang telah ditetapkan (misalnya anggaran atau target). Karena dashboard taktis dapat fokus, idealnya dashboard tersebut diterapkan dengan teknologi yang memungkinkan pemecahan ke dalam detail serta pemilahan dan penggabungan data, misalnya untuk menganalisis mengapa beberapa target tidak dapat dipenuhi dan di mana masalahnya muncul (Rasmussen, 2010).

di dalam aplikasi tersebut terdapat menu drill down, yaitu dimana kegunaan menu tersebut kita bisa mengetahui kedalam suatu masalah, untuk kedalaman masalah terbut di sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri, di dalam case tersebut hanya terdapat 3 tingkat kedalaman saja.

Berikut tampilan aplikasi nya:

4

5

6

7

8

kemudian penelitian dilanjutkan oleh Aditiya Gita Amaranggana 2009 (SIK) Dashboard Operational

Rancang Bangun Intelligence Dashboard
Kediklatan Pada Badan Pengawasan Keuangan dan
Pembangunan (BPKP)

Saya sendiri sebagai penulis sangat berkesan sekali dengan penelitiaan oleh sahabat saya adit 2009, dimana penelitian ini merupakan penelitian yang ingin saya kembangkan namun keterbatasan waktu yang saya punya. dan akhirnya dikembangkan oleh sahabat saya aditya yang juga pernah menjadi mahasiswa saya di mata kuliah Data warehouse dan Data Minning.

untuk case ini sendiri menggunakan warehouse yaitu dimana pemrosesan data tersebut wajib melalui proses ETL untuk menghasilkan data inti tersebut.

Berikut tampilan aplikasi nya:

9

10

11

ini lah penelitian yang dilakukan oleh kami Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, konsentrasi kami akan dashboard diharapkan bisa menjadi semangat buat adik adik kami untuk mengembangkan nya.

saya haturkan banyak terima kasih kepada orang yang membawa saya khusus nya mengenal dashboard lebih dalam kepada :

Ibu Suci Ratnawati, MTI

Yang telah memberikan kesempatan saya menjadi asdos beliau, kesempatan belajar yang luar biasa. buat teman teman peneliti lainnya yang ingin mengembangkan dashboard bisa bertukar cerita dengan saya di :

chendy_noizes2000@yahoo.com

atau

muhammad_chendy@yahoo.com

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: