[trick] Konversi database Postgresql ke Mysql – aplikasinya

Bismillah…

Ini masih terkait kegiatan gw sehari hari, kebetulan project kali ini aplikasi rumah sakit, sederhana sih logicnya *katakonsultandisana. haa, aplikasi disana sudah ada, aplikasi pihak ke-3 yang harganya puluhan juta, kalo gak salah denger denger sekitar 60jt an gak tau itu bulanan apa tahunan, makanya sekarang lagi sibuk membangun beberapa ‘Modul’ yang mereka sebut aplikasi yang berdikari! ya, sesederhana itu dan selain masalah harga, ternyata tampilan pun krusial, saking banyaknya modul dan user access, maka buanyak banget, okelah kembali ke judul.

Karena aplikasi dari pihak vendor itu memakai postgresql, sebelum nyempulng gw mempelajari bbrp alur aplikasi didalamnya, lalu melihat database – ya, database mirroringnya, bukan database real, mencoba sana kemari cara konversi postgressql ke mysql, banyak cara, diantarnya di web ini dijelasin:

  1. http://www.lightbox.ca/pg2mysql.php
  2. http://forums.mysql.com/read.php?83,562706,562706
  3. http://mysqlworkbench.org/2012/11/how-to-migrate-postgresql-databases-to-mysql-using-the-mysql-workbench-migration-wizard/comment-page-1/
  4. http://mysqlworkbench.org/2012/11/set-up-and-configure-postgresql-odbc-drivers-for-the-mysql-workbench-migration-wizard/

Okeh, ternyata gw dapet sebuah clue di forum, gw lupa, memakai “ESF Database Migration Toolkit“, screenshootnya kurang lebih kayak gini:

proses

Itu adalah proses konversi, dan itu baru 10% dan sampai 3 jam! sedangkan tabel disana sekitar 200an dan baru terkonvert 40an tabel selama 3 jam, tapi lumayan lah dari pada 1-1. Okeh, getu aja, kalo ada yang mau download itu aplikasi di google ajalah atau komentar, nanti gw kasih direct link langsung.

Have a nice day!

Leave a comment

3 Comments

  1. Kalo ada yang mau ini gw kasih linkya, baek kan gw: https://topidesta.files.wordpress.com/2014/10/esf-zip.key (rename *.key to *.zip)

    Reply
  2. thank you gan. membantu buat ane

    Reply
    • sip, tapi sebisa mungkin sekali kali aja… aplikasi bajakan… kalo bisa ya beli full license.

      Reply

Leave a Reply

