[catatan] Pembulatan di PHP

Bismillah… masih berlanjut dari postingan gw sebelumnya  tapi kali ini gw comot mentah mentah dari script orang tanpa gw mau apa yang di ubah haa.. namanya juga catatan ringan,😛 okeh untuk sumber gw dapat dari sini:

http://garrystudio.com/blog/post/cara-membulatkan-angka-nilai-8161824-6-menjadi-8162000/

Okeh ini script yang di kembangin sama web tersebut:

$angka = 8161824.6;
$potong1 = substr($angka, 0, 3);
$potong2 = ceil(substr($angka, 3, strlen($angka)));
$bulat = substr($potong2, 1, 1);
$bulat1 = substr($potong2, 0, 1);
$bulat2 = $bulat>=5?$bulat1+1:$bulat1;
$nol = "";
for ($i = 0;$i < strlen($potong2)-1;$i++) {
    $nol .= "0";
}
echo $potong1.$bulat2.$nol;

Demo: http://3v4l.org/0bG9e

function bulatkan_angka($ke, $num) {
return round(substr_replace($num, '.', $ke, 0)).str_repeat('0',strpos($num.'.','.')-$ke);
}
echo bulatkan_angka(4, 8161824.6);

Demo: http://3v4l.org/GCium

function bulatkan_angka($ke, $num) {
    $potong1 = substr($num, 0, $ke-1);
    $potong2 = ceil(substr($num, $ke-1, strlen($num)));
    $bulat = substr($potong2, 1, 1);
    $bulat1 = substr($potong2, 0, 1);
    $bulat2 = $bulat>=5?$bulat1+1:$bulat1;
    $nol = "";
    for ($i = 0;$i < strlen($potong2)-1;$i++) {
        $nol .= "0";
    }
    $hasil = $potong1.$bulat2.$nol;
    echo (int)$hasil;
}
bulatkan_angka(4, 8161824.6);

Demo: http://3v4l.org/NdtiP

    function bulatkan_angka($num) {
            $b = 3-strlen(round($num));
            return round(substr_replace(round($num), '.', -3, 0)).str_repeat('0',strpos($num.'.','.')+$b);
    }
    echo bulatkan_angka(-3156864.6); //Output: -3157000

Demo: http://3v4l.org/pUrNe

Huft… gw aja bingung bacanya tp secara umum, fungsi yang di pake round(), ceil() untuk angkanya dan substr() / strln(), itu yang sok tau gw… haaa, maklumlah gw kan goblok banget sama koding, cuman bisa copy paste ke setiap kasus gw doank, puas??? haaa

Have A Nice Day!

Leave a comment

4 Comments

  1. katamiqhnur.com

     /  03/12/2014

    😀
    salam kenal..
    jangan lupa visit back yaa, nggakbakal rugi deh..
    katamiqhnur.com

    Reply
  2. Mantap kk..salam kenal balik ^_^

    Reply

Leave a Reply

