[trick] Pembulatan Ribuan Atau Ratusan dalam PHP

Bismillah…

Ini sih di google udah banyak yang share… tapi ini gw gunakan buat catatan pribadi yang kali aja ada juga yang punya masalah kayak gini, jadi kasusnya biasanya di billing/ pembayaran/ kasir di aplikasi yang lagi dikembangkan, misal.

114.183 => 114.000 (Pembulatan Ratusan)
114.183 => 115.000 (Pembulatan Ribuan)

Sebetulnya bukan ribuan sih, ini lebih ke ‘kembalian’ di kasir nanti yang pake recehan, jadi biar simpel kagak ada recehan, sumber trick ini gw ambil dari alamat ini:

https://choirulyogya.wordpress.com/2013/10/06/pembulatan-pecahan-rupiah-dengan-php/
http://forumphp.web.id/phpforum_196177_Membulatkan_angka_desimal_menjadi_ribuan.html

Kalo script yang gw pake kurang lebih kayak gini:

$totalharga = 114.183;
$totalharga=ceil($totalharga);
							if (substr($totalharga,-3)>499){
								$total_harga=round($totalharga,-3);
							} else {
								$total_harga=round($totalharga,-3)+1000;
							} 
							
							echo number_format($total_harga,2,',','.');
// output: 115.000,-

Permasalahan seperti itu. heee, kasian juga 1000 tapi intinya script itu ada di > 4999 atau < 500 … silahkan cek kalo gak pecaya. udah segitu ajalah.

Have a nice day!

Leave a comment

4 Comments

  1. Blognya sangat menginspirasi,
    Follback blog ya🙂 | http://cahayatanpawarna.wordpress.com

    Reply
  1. [catatan] Pembulatan di PHP | menulis dibalik topi dan kopi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: