[cerita] Tools Compare Kerjaan Lokal ke Server Di Windows dan Ubuntu Variant

Bismillah…

Okeh kali ini berawal dari kisah gw ditempat kerja gw, di awal awal, gw masih manual setiap melakukan update kerjaan lokal (komputer) ke server, dengan aplikasi namanya winSCP, kayak gini tampilannya:

winscpGw buka satu – satu, gw copy satu satu… tapi ada programmer ditempat gw, master coyyy… maklumlah gw pemula yang beruntung masuk di lingkungan para master (alhamdulillah… banyak belajarr!!) udah pake tools compare, jujur aja gw bingung pakenya, sempet diajarin pake aplikasi tersebut, tetep aja otak gw dodol bin t*l*l gak ngarti juga, namanya aqua data studio… kurang lebih kayak gini tampilannya (gw comot dari web nya langsung), neh:

aqua data studioTerpaksa, kagak gw pake.. setelah gw telusur, file diff (compare file/ folder) yang pas dihati dan nyaman serta simple, ya ada dapet gw kalo di windows namanya beyond compare (ada versi standart/ free juga), neh tampilannya:

beyond compareUntuk lingkungan linux, ada dan lebih simple… namanya meld, dan mendukung windows, tp gak gw pake, gak nyaman… rada susah pakenya…dan gak ngedukung sftp, kalo di linux mendukung, gak tau kenapa di windows kagak, kayak gini tampilannya, sama kayak di linux gw (tempat kerja), neh:

meld-dircomp-fullYang intinya apa? haha, intinya jadi:

  1. Di lingkungan kerja (pake linuxLite) jadi gw pake meld dan thunar explorer linux buat akse file sftpnya.
  2. Di lingkungan rumah (pake windows 7) jadi gw pake beyond dan winscp buat sftpnya.

Simple kan… haha, maklumlah.. gw pemula dan masih pembelajar… harap maklum yah kalo ada salah kata, kalo ada yang pernah pake selain gw sebut tadi, boleh juga tuh..

Have a nice day!

credit:

Leave a comment

2 Comments

  1. keren des !

    Reply
    • mksh da, biasanya aja da, gw cuman share aja pengalaman gw di lingkungan kerja skarang… lu share juga dong… boleh techknik… kali kali pengalaman lu juga boleh…

      Reply

Leave a Reply

