[trick] Cara Jitu Setting Virtual Host Untuk Laravel di LinuxLite (Ubuntu 16.04)

Bismillah…

Alkisah, setting apache 2.2 berbeda dengan apache 2.4, alasan mereka karena alasan security… alhasil, gw sampe unistall ulang apache2 berkali kali, sampe akhirnya nemu langkah yang pas! ini dia, Sumbernya:

https://lowendbox.com/blog/how-to-setup-apache-virtual-hosts-on-ubuntu-16-04/ 

http://www.itzgeek.com/how-tos/linux/ubuntu-how-tos/setup-apache-virtual-hosts-on-ubuntu-15-04-14-04.html

Oke, dari tutorial diatas gw berhasil akses aplikasi laravel via laravel.local tanpa localhost/laravel/public.. berikut spseifikasinya:

  1. LinuxLite 3 (Ubuntu 16.04)
  2. LAMPP (Linux, Apache 2.4, Php7, Pma)
  3. Laravel 5.*

Oke, kali ini gw ringkas ya versi gw … kita akan buat nama aplikasi simbada.local, berikut langkahnya:

1 buat sebuah folder laravel dimana saja, kita coba di folder /var/www/simbada

2 copy file simbada.conf dari source sites-avaliable/000-default.conf

3 ubah code simbada.conf sesuai folder dimana ‘simbada’ berada

4 tambahkan host local, untuk akses simbada.local, ada di /etct/hosts

5 Aktifkan virtual host dengan printah a2ensite dan restart apache

6. Sekrang bisa akses simbada.local tidak lagi localhost/simbada/public

oya, nanti kalo pake chromium akan muncul warning, seperti ini, tinggal klik aja ok.

Done.

Have a nice day.

Advertisements

[share] Modul Modular di Laravel – Management MVC

Bismillah…

entah kenapa setiap pengembangan web, gw juga selalu tertarik berbau modular, dahulu kala ketika ngembangin aplikasi kepuasan pelanggan, dengan modular, dengan plugin HMVC.. sekarang dapet project, leadernya pengen sistem modular juga, alhasil, gw searching di google di github, ada banyak yang ngembangin berupa package (packagist) dengan bbrp perintah via commandline, nanti gw share atu atu, dan repiew, insyaAllah.

Oke, diantarnya, dan udah gw fork 🙂 ialah,

  1. https://github.com/mdestafadilah/laravel-modules
  2. https://github.com/mdestafadilah/laravel_module_manager
  3. https://github.com/mdestafadilah/modules-1
  4. https://github.com/mdestafadilah/laravel-modular
  5. https://github.com/mdestafadilah/laravel-nestedset

Nah loh, buat pemula kayak gw ini bikin fusing … beda waktu pengembangan dengan CI, cuman cukup pake HMVC udah mantep bener dah, yaudah gpp namanya juga artis, maklum, artisan (artis-kan) ….

sekian share kali ini.. kalo butuh ebook liat aja dimari: https://topidesta.wordpress.com/download/ebook/

Have a nice day

[share] Error yang sering muncul dalam pengembangan aplikasi web Laravel

Bismillah…

Kali ini, tentang error yang sering terjadi dalam pengembangan web application berbasis laravel and the gank.. oya dulu juga gw pernah share tentang codeigniter juga, error yang sering muncul ini dia, haduh belum apa apa gw udah kesulitan haha, oya spesifikasi os, pakai debian 9, dari distribusi Q4OS semua searching aja di google, ada semua!, oke, diantara error yang muncul saat mau install laravel dengan perintah laravel ini:

$ laravel

bash: laravel: command not found

nah, ada tricknya ternyata:

  1. Cari tahu dimana compser/ php berada dengan printah : whereis composer/vendor/bin
  2. terus ketik diterminal, $ echo $PATH;
  3. https://stackoverflow.com/a/26376773 dijelaskan dimana path composer berada
  4. https://stackoverflow.com/a/27915343 dan dijelaskan cara melakukan path ke autoload bash
  5. kalo kagak berhasil coba langkah ini: https://stackoverflow.com/a/41476969
500 Internal server error
Error in exception handler.

itu kalo di linux, permission forlder, ketik printah ini:

chgrp -R www-data app/storage
</code>AND<code>chmod -R 775 app/storage
sumber:<a href="https://stackoverflow.com/a/23207524">https://stackoverflow.com/a/23207524</a>

The bootstrap/cache directory must be present and writable.

 

composer update && php artisan cache:clear
sumber: <a href="https://stackoverflow.com/a/43810756">https://stackoverflow.com/a/43810756</a>
kenapa .env gak ada? 
1. Update laravel installer, gunakan composer untuk create project
2. lakukan printah ini: cp .env.example .env && php artisan key:generate (copy file .env terus generate)
sumber: <a href="https://stackoverflow.com/a/29915688">https://stackoverflow.com/a/29915688</a>

[trick] Pemanfaatan DropzoneJS dengan Codeigniter 2

Bismillah…

Kali ini ada trick memanfaatkan plugin js ke module API Prima SIMRS … berikut contoh video GIF singkatnya:

*Catatan: Divideo saya menggunakan Plugin Facebox.js untuk popup seperti itu.

Ikuti ajah tutorialnya disini ya:

  1. https://www.sandro.id/artikel/26-tutorial-upload-multiple-foto-dengan-ajax-dan-codeigniter-dropzone-js (Pemahaman Awal)
  2. https://www.startutorial.com/articles/view/dropzonejs-php-how-to-display-existing-files-on-server (Advanced)
  3. https://github.com/edomaru/ci_dropzone (Advanced)

Inget, sampai faham betul yah ikutin… kalo kali ini gw cuman share trick ajah, berupa script potongan. Kalo ikutin tutorial di Point 1 pasti akan menemukan script js berikut ini:

	Dropzone.autoDiscover = false;

	var foto_upload= new Dropzone(".dropzone",{
		url: "upload.php",
		maxFilesize: 2,
		method:"post",
		acceptedFiles:"image/*",
		paramName:"userfile",
		dictInvalidFileType:"Type file ini tidak dizinkan",
		addRemoveLinks:true,
	});


	//Event ketika Memulai mengupload
	foto_upload.on("sending",function(a,b,c){
		a.token=Math.random();
		c.append("token_foto",a.token); //Menmpersiapkan token untuk masing masing foto
	});


	//Event ketika foto dihapus
	foto_upload.on("removedfile",function(a){
		var token=a.token;
		$.ajax({
			type:"post",
			data:{token:token},
			url: "remove.php",
			cache:false,
			dataType: 'json',
			success: function(){
				console.log("Foto terhapus");
			},
			error: function(){
				console.log("Error");

			}
		});
	});

Ternyata script tersebut berhasil tapi yang gw butuhin tuh habis upload terus refresh halaman foto sebelumnya muncul lagi, nah ternyata ada di Point 3 script tersebut, berikut scriptnya:

// source: https://github.com/edomaru/ci_dropzone/
Dropzone.autoDiscover = false;

var myDropzone = new Dropzone(".dropzone", {
	url: "upload.php",
	acceptedFiles: "image/*",
	maxFilesize: 2,
	paramName:"userfile",
	dictInvalidFileType:"Type file ini tidak dizinkan",
	addRemoveLinks: true,
    // previewTemplate: document.querySelector('#preview-template').innerHTML,
    clickable: true,

	sending: function(a,b,c) {
		a.token 	= Math.random();
		c.append("token_foto",a.token); //Menmpersiapkan token untuk masing masing foto
	},

	removedfile: function(file) {

		var token= file.token;

		$.ajax({
			type: "post",
			url: "remove.php"+token,
			data:{token:token},
			dataType: 'json',
			cache:false,
		});
		// remove the thumbnail
		var previewElement;
		return (previewElement = file.previewElement) != null ? (previewElement.parentNode.removeChild(file.previewElement)) : (void 0);
	},

	init: function() {
		var me = this;
		$.get("<?php echo site_url();?>api/website/dokter/list_foto/", function(data) { //alert(data);
			// if any files already in server show all here
			if (data.length > 0) {
				$.each(data, function(key, value) {
					var mockFile = value;
					me.emit("addedfile", mockFile);
					me.emit("thumbnail", mockFile, "<?php echo ROOTURL; ?>/foto/real/" + value.name);
					me.emit("complete", mockFile);

				    var a = document.createElement('a');
				    a.setAttribute('href',"<?php echo ROOTURL; ?>/foto/real/" + value.name);
				    a.innerHTML = "Download<b>";
				    value.previewTemplate.appendChild(a);

				});
			}
		});
	}
});

Nah udah deh, foto yang pernah ke upload keliatan juga akhirnya.

Done.

Have a Nice Day!

[share] Berbagi Pengetahuan tantang VPS

Berbicara tentang web pasti kita akan terpikir tentang hostingan. penyedia hosting di indonesia cukup banyak diantaranya adalah dapurhosting, rumahweb, dewaweb, idwebhost, allnetspace dll. jika kita membelinya kita langsung disediakan paket cpanel yang langsung dipakai.

Berbeda dengan vps , vps adalah virtual private security. kalau boleh di bilang vps adalah sebuah ruangan, yang kita dizinkan menginstall apapun disana, dalam bentuk versi command line. bisa juga versi xampp versi kosong. disini lah tantangannya memakai vps, serta merta kita harus mengerti command linux, karena sintak vps sama dengan linux mau itu ubuntu atau centos ataupun debian.

beberapa penyedia vps diantara : digitalocean, cloudekilat, dewaweb, rumah hosting go daddy dll. anda bisa membeli paket perbulan untuk belajar-belajar supaya bisa menguasi seutuhnya ilmu web programming.

semoga membantu 🙂

 

[share] Cara Bekerja Tim IT Web Developer Bekerja Di Perusahaan

Sebagai Karyawan Perusahaan sangat pasti memiliki tim IT (secara umum), kebetulan saya juga tim IT sebuah start up di daerah jakarta , disana saya memegang Peranan mengelola server VPS dan Server Fisik, dan sekalian menangan masalah code PHP [Laravel].

Sedikit Share-Share dari Saya, TIM IT saya bekerja Menggunakan sebuah Server Alias PC Juga. untuk memanajemen CODING Saya Menggunakan Visual SVN Server bisa digoogle aja banyak.

dari visual svn itu kita bisa membagi repositori/project mana aja yang mau kita handle. dari satu folder bisa diaccess oleh banyak programmer, bahkan untuk tim UI / UX yang terpenting mereka terhubung dalam jaringan itu

selanjutnya Dari TIM  lain di haruskan menginstall Putty Client dengan alasan untuk mengambil dari server SVN tadi, sehingga terintegrasi antara client dan server.

Dengan Aplikasi itulah kita bisa checkout data dari server SVN  , Selanjutnya untuk database cukup install paket instalan server seperti xampp/wamp/lamp dan bisa digunakan langsung untuk mengakses phpmyadminnya jika sudah berada dalam jaringan yang sama

Selanjutnya setelah code sudah berjalan baik di server fisik kita tinggal masukan ke production/ staging dari sebuah VPS. bisa menggunakan BitBucket, Github Repository,

Untuk mengakses Bitbucket atau Github bisa menggunakan aplikasi git bash atlassian dan panduan sintak juga ada disana.

dan untuk pembagian task masing masing developert bisa menggunakan trello,email atau aplikasi task lainnya.

mungkin itu sedikit share cara bekerja tim IT di start up Saya. Moga Menambah Pengetahuan 🙂